Jumat, 19 Oktober 2012

Foursquare Mudahkan Para Pencari Lokasi


Tanpa login sekalipun, pengunjung situs Foursquare dapat menemukan lokasi yang diinginkan dengan mudah, sesuai rekomendasi pengguna Foursquare.
Foursquare dengan fitur baru

Foursquare, jejaring sosial untuk berbagi lokasi, baru-baru ini memperbarui tampilannya di web. Pusat data yang sudah terbangun selama ini oleh para penggunanya, kini dimanfaatkan lebih optimal untuk membantu para pencari lokasi. Mereka mengumumkan layanan baru ini tanggal 15 Oktober yang lalu di blog resmi mereka.
Ketika meluncurkan Foursquare Explore, fitur pencari lokasi berdasarkan rekomendasi teman dalam jejaring, mereka mencoba mempersonalisasi data untuk sekitar 25 juta pengguna mereka. Fitur itu bekerja dengan cara: 10 kali check in di lokasi berbeda, pengguna akan mendapat rekomendasi 10 lokasi lain yang mungkin menarik bagi si pengguna.
Sistem rekomendasi ini, kini dibuka bahkan untuk mereka yang belum memiliki akun di Foursquare, atau yang belum log in ke jejaring ini. Dengan tampilan mirip peta milik Google Maps, pengguna disodori tampilan pencarian lokasi, lengkap dengan rekomendasi yang pernah dibuat oleh pengguna di jejaring Foursquare.
Coba saja buka Foursquare.com, dan ketik satu lokasi yang ingin Anda datangi. Misalnya Anda ingin mencari "Toko Buku". Foursquare akan memberi Anda rekomendasi berdasarkan lokasi toko buku yang paling populer di Foursquare. Artinya, semakin sering pengguna check in ke lokasi tersebut, semakin populerlah ia, sehingga menjadi lokasi yang paling direkomendasikan.
Rekomendasi lokasi di Foursquare
Menurut TechCrunch, data yang selama ini diunggah para pengguna Foursquare, yang bukan hanya berupa komentar, tetapi juga foto dan rating, dioptimalkan untuk membantu pengguna lainnya. Data-data ini menjadi sangat berharga, karena pengguna tidak saja dapat menemukan lokasi dengan mudah, tetapi data tersebut telah dikurasi oleh pengguna yang memiliki pengalaman mengunjungi lokasi tersebut.
Ini bisa jadi peluang bagi pemilik lokasi, agar meningkatkan layanannya bagi pengguna, sehingga pengalaman baik mereka tercermin dalam komentar atau rating yang mereka berikan terhadap lokasi tersebut di Foursquare. Para pemilik lokasi juga bisa meningkatkan aktivitas check in di lokasi mereka, dengan berbagai ajang.
Sistem rekomendasi ini juga bisa dilihat melalui aplikasi Foursquare untuk perati bergerak, yang bisa diunduh untuk iOS, Android, dan Blackberry.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar