Selasa, 23 Oktober 2012

10 Tips Mengoptimalkan Instagram untuk Bisnis


Instagram yang merupakan platform berbagi foto terpopuler saat ini pun dapat dioptimalkan sebagai penunjang bisnis anda.
instagram Apakah anda memiliki bisnis, usaha, jasa atau produk yang ingin dipromosikan lewat media sosial? Instagram bisa jadi alternatif yang pas untuk hal ini.Platform yang kini jadi media populer dalam berbagi gambar ini dapat membantu mengoptimalkan iklan Anda.

Berikut ini 10 tips dari Socialmediaexaminer.com yang bisa dicoba:
1. Tunjukkan Produk Anda
Semua orang suka untuk mencari produk di Instagram, jadi biarkan follower anda melakukanwindow shopping. Tunjukkan koleksi foto dari produk yang anda miliki. Bagikan foto dari barang terbaru dan koleksi lama. Atau buat foto makro dan biarkan orang bertanya-tanya barang apakah itu.
instatips 1
Selain itu, anda juga bisa membagi gambar mengenai peralatan pendukung dalam pelayanan. Seperti misalnya anda menjual jasa fotografer, maka dapat membagikan gambar foto kamera favorit. Atau jika anda menjual barang kerajinan tangan, berbagi gambar peralatan andalan anda tak ada salahnya.
2. Tunjukkan Bagaimana Cara Pembuatannya
instatips 2
Yang paling menyenangkan sebenarnya adalah melihat bagaimana cara dan proses produk itu dibuat. Berikan followers anda gambar-gambar saat barang itu dirakit, tidak perlu terlalu detil karena tujuannya memberi pengetahuan pembuatan kepada konsumen. Anda juga bisa membuat kumpulan foto dari sejak perencanaan hingga pengiriman barang.
3. Behind the Scenes
instatips 3
Mempersiapkan peluncuran, promosi dan pelayanan produk merupakan sebuah kerja keras. Namun akan lebih berkesan jika hal tersebut bisa jadi konten di Instagram.
Bagikan foto saat sedang melakukan pemotretan untuk iklan, pembuatan iklan komersil, ketika wawancara atau saat akan diluncurkan. Berikan follower anda pengalaman bagaimana proses tersebut berjalan seolah-olah mereka memiliki akses backstage.
4. Tunjukkan Fungsi dari Produk Anda
instatips 4
Tahukan anda jika ekspektasi seseorang akan sebuah produk biasanya sangat minus. Gunakan Instagram untuk membuat calon konsumen anda tahu apa saja kegunaan dari produk atau jasa yang anda tawarkan. Anda juga bisa mengundang para pemakai jasa anda untuk membagikan foto saat memakai produk tersebut.
Contohnya saja, jika bisnis anda bergelut dalam bidang makeup, hair design, dekorasi, interior maka tunjukkan gambar sebelum dan sesudah memakai jasa anda. Foto before-after tersebut bisa memberikan dampak yang besar bagi konsumen anda.
5. Berikan Cuplikan Produk
Semua orang sangat suka ketika ia jadi pihak pertama yang tahu informasi tentang apapun.
instatips 5
Kalau begitu jangan ragu untuk membagikan gambar di Instagram dan buatlah konsumen anda merasakan pengalaman eksklusif dengan mengetahui informasi terbaru produk anda. Hal-hal seperti cuplikan pembuatan yang belum pernah dipublikasikan atau pengumuman saat akan membuka toko.
6. Tunjukkan Kantor Anda
Konsumen yang mengikuti sebuah brand favorit mereka di media sosial terkadang bertanya-tanya seperti apakah bekerja di tempat tersebut.
instatips 6
Maka buatlah foto mengenai keseharian di dalam kantor anda seperti tempat anda melakukan pekerjaan anda, tempat olah raga, tempat rapat dan ruang makan.
7. Bawalah Konsumen Bersama Anda
Apakah anda sedang mengikuti sebuah acara atau anda merupakan sponsor di acara tertentu? Gunakan kesempatan ini untuk mengambil gambar dan berbagi di Instagram sehingga followerAnda tahu perkembangan terbarunya.
instatips 7
Gambar dalam sebuah acara dapat membuat pengikut di Instagram tahu Anda sedang di mana dan tidak menutup kemungkinan akan membawa mereka ke tempat tersebut.
8. Perkenalkan Karyawan Anda
instatips 8
Buatlah brand Anda lebih manusiawi dengan memperkenalkan kepada pengikut di Instagram siapa sajakah yang berada di balik usaha Anda. Cara ini bisa membuat pekerja Anda senang karena dapat dikenal oleh konsumen. Bahkan Anda dapat membuat kontes berfoto bersama karyawan dan tempat kerja yang bisa diikuti pelanggan setia.
9. Bagikan Foto Artis
Ketika berada di lingkungan sosial saat ini, orang sangat penasaran dengan kehidupan para artis atau pesohor yang mereka ketahui. Apa saja yang mereka makan, di mana mereka berlibur atau dengan siapa mereka berkencan.
instatips 9
Gunakan kesempatan ini, bagikan foto yang menunjukkan artis atau pesohor sedang memakai atau menggunakan produk dan jasa Anda. Karena foto ini jelas akan membuat follower Instagram Anda senang dan ramai membicarakannya.
10. Bagikan Foto Menggemaskan
instatips 10
Tak ada yang pernah menolak gambar hewan di media sosial. Coba bagikan gambar hewan kesayangan yang mengenakan produk dan iklan (seperti kaos) Anda. Foto-foto hewan menggemaskan seperti kucing atau anjing yang muncul bersama promosi bisa jadi hal yang menyenangkan dan menyegarkan.
Demikian 10 tips yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan Instagram dalam bisnis. Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar