Jumat, 05 Oktober 2012

Konsep Informasi Untuk Keperluan Branding Perusahaan di Social Media


Konsep Informasi Untuk Keperluan Branding Perusahaan di Social Media. Setelah mempelajari mengenai penggunaan social media sebagai media branding, sales, dan peningkatan loyalitas pelanggan terhadap suatu perusahaan. Saya dapat menyimpulkan ada beberapa key point yang bisa diterapkan untuk pembuatan konsep informasi yang ingin disampaikan melalui social media, yaitu:


 1. Best Information

Setiap informasi yang disajikan di social media harus merupakan informasi terbaik yang perusahaan punya yang memang ditujukan kepada pelanggan. Ingat artikel saya sebelumnya Branding di Social Media Butuh Konsep Jelas. Setiap status atau tweet yang dibuat maupun jawaban terhadap komentar dari para pelanggan harus dijawab dengan baik dan bijak , tak mempermasalahkan apakah komentar dari pelanggan tersebut baik atau buruk. Jangan pernah menjawab dengan jawaban emosi ketika pelanggan mengkritik buruk atau sengaja dihapus komentar tersebut. Selesaikan dan berikan informasi terbaik untuk mereka.

2. Connectivity

Setiap informasi yang baik harus disesuaikan dengan kebutuhan para pelanggan. Sajikan informasi yang memiliki hubungannya dengan mereka. Karena jika informasi tersebut tidak memiliki connectivity dengan maunya pelanggan walaupun informasi tersebut the best, akan sangat percuma karena mereka tidak akan tertarik. Karena itu buatlah informasi tersebut sesuai dengan apa yang mereka ingin tahu.

3. Value

Setiap informasi yang disajikan harus memiliki nilai yang besar bagi pelanggan. Pikirkan apa sih keuntungan bagi pelanggan jika mengetahui informasi yang kita sajikan. Jangan salah langka dalam menentukan value terhadap suatu informasi karena ini akan fatal jika penyampaiannya salah. Ini juga berlaku ketika menjawab komentar-komentar dari para pelanggan, informasi yang kita berikan juga mesti memiliki value. Tanamkan selalu value untuk setiap informasi yang disampaikan.

Setelah 3 point tersebut telah diaplikasikan dalam pengkonsepan dan penyampaian informasi, dengan sendirinya ini akan membawa image brand perusahaan menjadi baik di mata pelanggan. Makna caring dan penuh persahabatan yang disampaikan perusahaan dapat membentuk TRUST dari para pelanggan sehingga menjelma Loyalitas terhadap brand tersebut. Mereka akan selalu menyimak semua informasi yang disampaikan oleh perusahaan dan akan menikmati setiap diskusi yang terjadi di social media. Jadilah Sahabat bagi para pelanggan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar