Selasa, 16 Oktober 2012

Fenomena Selebtwit

Akun @LindaPNS
Seiring berjalannya waktu, media sosial memang menjadi sarana pas untuk sekedar menyapa teman, menyampaikan uneg-uneg hingga menyebarkan berita dan informasi. Sebagai media sosial yang cukup handy, Twitter menjadi media sosial mainstream bagi para netizen saat ini. Situs jejaring sosial yang didirikan Jack Dorsey ini menjadi populer dengan cepat.


Sehingga hal ini menarik minat para pemilik brand hingga selebritis untuk menggunakan Twitter sebagai salah satu sarana marketing dan humasnya. Beberapa selebritis malahan sudah punya akun twitter fanbase, bahkan dengan pattern yang sama (terutama di Indonesia). Misalnya penggemar SM*SH punya @smashblast .


Tapi kekuatan twitter ini tak membatasi siapapun untuk tampil ke timeline dengan ciri khas masing-masing, hingga muncul istilah selebtwit. Selebtwit ini tidak melulu berasal dari kalangan selebritis (beneran) di offline. Pocong, Bena Kribo dan lain-lain.


Ada salah satunya @LindaPNS, sebuah akun twitter yang menggunakan foto seorang PNS Cantik ini, cukup menjaring beberapa followers, terlepas dari asli atau tidaknya akun tersebut, tetapi twit dan interaksi yang diberikan kepada followersnya cukup menarik, dari hasil penelusuran, akun tersebut memang dipegang bukan dengan orang yg asli seperti fotonya, tetapi sang pemegang akun ini, berkata sudah melakukan izin kepada si orang tersebut, yang fotonya dipakai, dan aslinya memang bukan seorang PNS.


Kemudian selebtwit ini diidolakan oleh ABG-ABG, bahkan mulai muncul di televisi, punya 1 acara sendiri dan serta merta menjadi anggota kaum selebritis di dunia offline.


Tidak ada yang salah dengan fenomena selebtwit ini, hanya beberapa di antaranya memang tergolong tidak mengerti bagaimana menggunakan twitter dengan baik dan benar. Salah satu yang paling mendasar adalah tidak mampu membedakan mana tombol Reply dan mana tombol Retweet.


Karena kebanyakan selebtwit adalah pengguna BB (Blackberry RIM), style dalam membalas sebuah twit selalu “(balasan) RT (yang dibalas) “. Twitter sendiri di awal berdirinya memang tidak mengenalkan fitur ini (sampai sekarang), sebelum aplikasi ofisialnya memperkenalkan Quote (BUKAN RT). Lalu para selebtwit memperkenalkan (ikut mempromosikan) penggunaan Uber Social yang punya pattern balasan ditambah RT didepan twit yang dibalas.


Setelah itu baru fenomena RT (Retweet) bukan lagi Retweet (men-twit ulang) twit dari orang yang kita follow untuk followers kita, tapi berubah jadi Retweet with Comments. Pergeseran ini dimaklumi oleh twitter hingga menciptakan Quote with Comments.


Bagi kamu yang ingin menjadi atau membuat Selebtwit bisa menjadi pemasukan tambahan loh, apalagi followers kamu sudah semakin banyakm dan twit kamu akan dibayar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar