Kamis, 18 Oktober 2012

Remaja Lebih Menyukai Facebook Ketimbang Twitter?

Sebuah survei di Amerika Serikat menunjukan bahwa Facebook lebih disukai remaja dibanding situs media sosial lainnya. Benarkah?

Facebook Facebook tetaplah menjadi raja media sosial, jika pun pasarnya harus dikhususkan pada remaja.
Hal ini terungkap dalam riset Piper Jaffray di Amerika Serikat yang melibatkan 7.700 remaja sebagai responden. Piper Jaffray sendiri merupakan perusahaan yang akrab dengan dun
ia bisnis, perbankan dan jasa keuangan di Amerika Serikat, dikenal sebagai penyedia jasa nasihat keuangan dan investasi, serta survei pasar.
Dalam penelitian tersebut, Facebook terlihat mendominasi, meninggalkan Twitter di tempat kedua, serta Instagram di peringkat tiga. Komposisi tiga besar itu semakin mengukuhkan dominasi Facebook, mengingat aplikasi berbagi foto, Instagram juga merupakan bagian dari “the social network”.
Boleh jadi studi ini ada benarnya, tapi terdapat juga catatan yang layak diberikan. Pertama, tentu akan sangat sulit memperkirakan usia lebih dari 550 juta penguna Twiter, apalagi jika disandingkan dengan angka 7.700 yang dijadikan acuan oleh penelitian ini. Sebagai catatan Twitter juga tidak meyediakan kolom ulang tahun, seperti halnya Facebook.
Kedua, pengguna Facebook hampir dua kali lipat pengguna Twitter, tentu kemungkinan Facebook diisi oleh banyak remaja juga lebih besar. Tapi bagaimana jika yang dihitung adalah persentase angka pengguna remaja, dari total angka keseluruhan users di masing-masing media sosial? Boleh jadi angkanya juga akan berubah.
Apapun hasilnya, remaja merupakan salah satu elemen penting di jagat media sosial. Potensi pasar segmen remaja, tentu menjadi incaran oleh para pelaku bisnis dan pemasar di media sosial.
Sumber foto: parentdish.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar