Selasa, 30 Oktober 2012

5 Tipe Kicauan yang Akan Banyak di Retweet


Raihan retweet tentu menjadi tolok ukur keberhasilan sebuah tweet. Berikut kami sajikan 5 tipe kicauan yang bisa mencuri perhatian di linimasa.
Ilustrasi: retweet Raihan retweet tentu menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan sebuah kicauan. Semakin banyak retweet yang diraih, kemungkinan besar menunjukkan bahwa khalayak menyukai kicauan tersebut.
Lantas, bagaimana caranya agar sebuah kicauan bisa meraih banyakretweet? Sepertinya Anda perlu membaca artikel Salingsilang.com terdahulu: “Tips Agar Di-retweet Banyak Orang”.
Untuk melengkapi tips di artikel tersebut, berikut kami sajikan 5 tipe kicauan yang bisa mencuri perhatian banyak orang. Tips ini diadaptasi dari artikel di kanal All Twitter (mediabistro), semoga berguna bagi penggunaan Twitter baik untuk keperluan pribadi, bisnis, organisasi maupun komunitas.
Jangan Menghindari Sesuatu yang Kontroversial
Tidakkah kita melihat banyak sekali perdebatan yang terjadi di Twitter? Hal itu menunjukkan bahwa pada umumnya pengguna Twitter menerima perbedaan pendapat, dan merasa bebas untuk berkata setuju atau tidak tentang sesuatu hal. Olehnya kenapa harus takut mengicaukan sesuatu yang kontroversial, selama Anda yakin, lakukanlah.
Komentarilah hashtag atau topik yang sedang populer, tetapi tidak hanya mengulangi apa yang sudah orang katakan atau ingin dengar. Cobalah berpikir dan cari tahu apa yang benar-benar Anda inginkan, silakan melihatnya dari sudut pandang yang berbeda, dan kicaukanlah. Jangan malu-malu!
Menyebar Kutipan
Anda mungkin bisa berbagi semangat nasionalisme, dengan meminjam kutipan Bung Karno? Atau ingin menceritakan kegundahan hati dengan meminjam bait cinta Pablo Neruda? Kenapa tidak, pada kenyataannya para pengguna Twitter menyukai kicauan yang berisi kutipan dari seorang tokoh populer. Bahkan terkadang mereka juga ingin menyebarluaskan kutipan tersebut kepada para followers-nya.
Anda bisa mencari kutipan yang sesuai dengan momen atau topik yang sedang dipercakapkan. Meski demikian, janganlah terlalu sering mengutip, boleh jadi orang akan berpikir bahwa akun Anda miskin kreatifitas.
Semua Orang Menyukai Humor
Tak ada orang yang tak suka tertawa, termasuk para pengguna Twitter. Tambahkan sentuhan humor di kicauan Anda, berikan tanda “:))”, “Hahaha” atau “LOL” sebagai penutup. Jika Anda bisa membuat humor yang cerdas, terkait sebuah fenomena yang luas dipercakapkan, yakinlah sejumlah retweet akan menyambangi kicauan Anda.
Kabarkan Breaking News
Salah satu manfaat Twitter adalah untuk mendapatkan berita secara lebih cepat (real-time). Banyak orang menggunakan "situs burung-biru" untuk itu. Olehnya cobalah berbagi breaking news, bisa juga dengan mengomentari atau me-retweet beberapa berita hangat. Aktivitas itu akan membuat akun Anda dilihat sebagai pembagi berita yang baik, jika sudah begitu tentu saja kicauan Anda bisa mencuri perhatian.
Bergabung dengan Berbagai Hashtag Menarik
Yang terakhir, jika Anda melihat sebuah hashtag yang menarik, ikutlah berbagi di sana. Mengirimkan komentar atau ikut bermain pada sebuah hashtag akan meluaskan jangkauan kicauan, sebab diperhatikan oleh mereka yang ikut memantau atau meramaikannya, tak hanya para followers Anda.
Hashtag di Twitter juga bisa sangat acak, mulai dari hal lucu hingga yang serius. Untuk itu Anda dituntut memiliki wawasan luas, sehingga bisa membagikan kicauan yang unik pada sebuahhashtag.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar