Rabu, 24 Oktober 2012

Lima Perusahaan yang Sukses di Media Sosial


Infografik lama ini mungkin bisa memberi inspirasi, bagaimana perusahaan dapat memanfaatkan media sosial.
Brand tak mau ketinggalan dengan tren media sosial yang sedang menanjak. Mereka pun mencoba beradaptasi untuk membangun hubungan dengan konsumen, melalui cara-cara baru. Infografik yang disajikan blog milik Scott Monty, Kepala Divisi Media Sosial Ford saat itu, menampilkan 5 profil perusahaan yang dianggap sukses bermedia sosial. 

Infografik ini sebenarnya dibuat oleh Voltier Digital yang situsnya kini menjadi blueglass.com. Dalam blognya, Scott menyatakan bahwa sebenarnya banyak perusahaan yang sukses dan terkenal karena aktivitasnya di media sosial. Lima perusahaan yang ditampilkan ini, menurutnya kurang begitu populer, tetapi sebenarnya memiliki prestasi tersendiri di media sosial. Kelima perusahaan itu adalah DellMorton'sUnisysKLM, dan ABC.
Catatan di bagian awal menjelaskan, bahwa kelima perusahaan ini diangap menggunakan media sosial dengan cara yang sebelumnya tak terduga, tetapi berhasil mengoptimalkannya. Dell, perusahaan perangkat keras komputer ini punya inisiatif dalam mendengarkan konsumennya melalui kanal media sosial. Mereka memiliki Social Media Listening Command Center, atau Pusat Komando Pemantauan Media Sosial. Mereka juga rajin mempublikasikan pengalaman mereka sebagai referensi bagi kalangan bisnis.
Morton, brand sebuah restoran, pernah populer karena membuat kejutan bagi konsumennya yang iseng berkicau di Twitter. Unisys adalah perusahaan seputar teknologi informasi yang sukses membuat jejaring untuk karyawannya di seluruh dunia. KLM, maskapai penerbangan asal Belanda memanfaatkan media sosial untuk menggali ide baru, dan ABC adalah jejaring televisi yang sukses memperkenalkan program baru mereka lewat Facebook. 
Kelebihan masing-masing perusahaan diulas dalam infografik berikut ini.
5 Brand sukses di media sosial
5 Brand sukses di media sosial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar