Senin, 15 Oktober 2012

[Infografik] Asia adalah Rumah Bagi Pengguna Media Sosial

Menurut rangkuman laporan WeAreSocial, saat ini ada 812 juta pengguna media sosial di Asia. Angka itu merupakan 50% dari total pengguna global media sosial.





WeAreSocial, digital agency yang berpusat di Singapura, baru saja merilis rangkuman laporan terbaru mengenai demografi pengguna internet, media sosial, dan perangkat bergerak di benua Asia tahun ini. Seperti dilansir dari blog WeAreSosial, Kamis (11/10/2012), hasil laporan ini mencakup 24 negara termasuk Cina, Jepang, Korea Selatan, dan Indonesia. Jika tahun lalu penetrasi pengguna internet di wilayah ini adalah 24 persen. Maka, tahun ini angka tersebut meningkat menjadi 27 persen.

Julukan Asia adalah rumah bagi pengguna media sosial juga tidak berlebihan mengingat ada 812 juta orang dari 3.7 milyar total penduduknya tercatat sebagai pengguna media sosial. Angka tersebut berarti 50 persen dari total populasi pengguna media sosial di seluruh dunia. Cina, India, Indonesia, Jepang, dan Filipina merupakan lima negara dengan total pengguna terbanyak.



Meski total pengguna mereka sekitar 299 juta orang di Asia, kalah dengan 552 juta milik Qzone di peringkat pertama, Facebook masih menjadi “raja” di keseluruhan kawasan – minus beberapa jejaring sosial lain semisal Weibo yang hanya digunakan di Cina. Pengguna Facebook di Indonesia diperkirakan mencapai 44 juta dengan tingkat penetrasi sebesar 18 persen.



Lantas, bagaimana perbandingan para pengguna Facebook dan Twitter di kawasan ini? Kecuali di Jepang yang tingkat pengguna Twitter-nya lebih banyak dibanding Facebook (26% berbanding 24%), di beberapa negara lain – termasuk Indonesia – pengguna Facebook jauh melebihi angka pengguna blogmikro Twitter. Situs milik Mark Zuckerberg ini juga masih jadi primadona oleh kebanyakan perusahaan yang berbasis di Asia.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar