Rabu, 03 Oktober 2012

5 Teknik Dasar Untuk Social Media Marketing

Sebuah perusahaan maupun perseorangan yang berupaya untuk memasarkan produk mereka agar dapat dikenal oleh masyarakat dengan menempuh berbagai macam cara. Diantaranya dengan memasang baliho di tengah-tengah pusat keramaian kota, menyebarkan flyer di jalan, poster-poster dan lain sebagainya. Namun ternyata berbagai cara yang sudah ditempuh itu masih belum cukup untuk mempromosikan produk mereka.

Saat ini berkat adanya perkembangan internet untuk kegiatan marketing semakin lama pertumbuhan dan evolusi untuk bereksperimen dalam memasarkan produk perusahaan melalui dunia internet makin marak saja. Diawali dengan pemasaran produk dengan membangun sebuah webstore (toko online), dan sampai sekarang ini yang lagi sedang banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yaitu dengan pemanfaatan situs jejaring social, kita ambil contoh saja adalah Facebook dan Twitter.
Kegiatan untuk memasarkan produk atau brand melalui social media, biasanya disebut dengan Social media Marketing dengan aktivitas utama adalah untuk memasarkan sebuah produk, brand, pelayanan, informan dan lain sebagainya.
Mungkin untuk teknik menarik pengunjung ke sebuah toko online cara yang paling simple dan sering digunakan adalah sama seperti yang sering dilakukan para blogger-blogger pada umumnya, dengan mempelajarai teknik SEO, backlink, juga seringnya mereka meninggalkan jejak di blog orang lain lewat kolom komentar. Namun sekarang bagaimana caranya untuk menarik perhatian para pengguna situs jejaring sosial yang saat ini lagi populernya untuk di jadikan ‘senjata’ bagi para social media  marketeers.
Ada beberapa macam teknik dasar yang perlu diperhatikan sebagai seorang social media marketeers untuk memasarkan produknya melalui social media khususnya melalui situs jejaring sosial.

1. Menciptakan awareness
Konsep awareness ini ditujukan untuk menyadarkan para pengguna situs jejaring sosial dengan konsep memberi dan menerima kritikan apapun dari para follower dan menganggap itu semua adalah masukan. Secara sederhana tujuannya adalah memberi tempat senyaman mungkin kepada followers. Mungkin masih banyak cara lain untuk menciptakan awareness tersendiri bagi sebuah perusahaan

2. Mencari Customer
Dalam hal teknik untuk mencari konsumen ini, yang perlu diperhatikan adalah kita harus melakukan survey kepada para netters, kira-kira apa saja yang sering para pengguna social media bicarakan. Ketika kita sudah tahu target customer, maka yang perlu dilakukan adalah proses pendekatan, dengan cara iseng-iseng mengikuti pembicaraan mereka di social media. Dan secara otomatis secara tidak langsung kita sudah mengenalkan diri kita kepada customer.

3. Melakukan kegiatan di social media secara continue
Jika missal pengikut kita sudah mencapai ratusan bahkan ribuan hal yang perlu dilakukan adalah seperti tahapan di nomor 1 diatas memberikan kenyamanan, namun ternyata memberikan kenyamanan saja tidak cukup apabila dalam action nya masih jarang melakukan komunikasi didunia internet. Meski tidak selalu melakukan promosi para pengikut kita pastinya akan bertanya-tanya kenapa akun yang diikutinya tidak ada kehidupan, alias tidak aktif atau jarang update.

4. Selalu meningkatkan Engagement
Engagement dalam kamus bahas inggris adalah ‘pertunangan’. Pertunangan dalam social media marketing maksudnya adalah melakukan pemikatan secara khusus dengan para pengikutnya. Banyak cara untuk melakukan proses memikat ini. Misalnya dengan rutin melakukan sapaan kepada pengikut, atau mungkin membuat sebuah kuis agar interaksi antara pemegang akun social media tersebut makin disegani oleh pengikutnya, dan akhirnya brand pun otomatis juga akan terangkat.

5. Mengukur hasil kampanye di social media
Setelah melakukan berbagai macam teknik untuk ber-social media marketing hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah coba ukur seberapa besar pengaruh yang telah kita berikan kepada para pengikut apakah traffiknya naik, masih standar, atau bahkan malah turun. Ini perlu dilakukan agar kita bisa mengetahui seberpa besar pengaruh yang sudah kita lakukan dengan berbagai macam teknik sederhana diatas.
Mungkin sebenarnya dari kelima teknik dasar diatas masih banyak teknik-teknik lainnya yang masih perlu dilakukan oleh seorang social media marketers untuk dapat memberikan pengaruh kepada pengikutnya agar tetap mencintai dan menggunakan produk yang tengah ditawarkan.

Posted by Rois

Tidak ada komentar:

Posting Komentar