Jumat, 23 November 2012

Mengubah Wajah Pemprov DKI Jakarta Lewat Youtube


Mungkin ini salah satu fenomena baru, pemerintah provinsi DKI Jakarta mendapat sambutan yang begitu hangat di media sosial.
Pelantikan Jokowi - Ahok Akun PemprovDKI di Youtube, belakangan tampak aktif memposting video-video kegiatan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru, Jokowi-Ahok. Akun mereka mendapat sambutan hangat netizen Indonesia.
Sejak kampanye untuk menjadi gubernur di DKI Jakarta, Joko Widodo dan Basuki T. Purnama sudah jadi fenomena. Media massa seperti tak henti mengulasnya, linimasa Twitter mempercakapkannya, simpatisan membuat video flashmob dukungan untuk mereka.
Media sosial benar-benar menunjukkan antusiasnya terhadap pasangan ini, meski tak sedikit pula serangan dialamatkan pada mereka.
Penelusuran Salingsilang.com terhadap popularitas mereka di Twitter dalam beberapa laporan saat masa pilgub, menunjukkan secara konsisten pasangan ini lebih populer dari pasangan lain. Dan, terbukti mereka memenangkan pemilihan gubernur DKI Jakarta 2012-2017.
Media sosial, tampaknya akan menjadi kanal berkomunikasi antara pemerintah dengan rakyatnya. Misalnya sebuah akun Youtube bernama Pemprov DKI, sejak tanggal 5 Oktober 2012 aktif mempublikasikan video-video kegiatan kedua pemimpin ini. Aksi ini mendapat apresiasi netizenIndonesia, kalau tidak percaya periksa saja di kolom komentarnya. 
"thx pemprov dk udh buat ini buat nunjukin progres kerjanya BRAVO DKI !!," tulis Seno Sabdastandyo. Atau komentar pendek dari sebuah akun lainnya yang berkomentar dengan gaya khas Forum Kaskus, "ditunggu liputannya lagi! sundul gan!" 
Hampir 100 komentar yang sudah masuk ke halaman profil akunnya, tak satupun ditemukan komentar negatif. Beberapa video memang mendapat Dislikes, tetapi masih belum sebanding dengan Likes yang diterima. Komentar-komentar berisi usulan atau permintaan agar terus mengunggah video bermunculan, bahkan ide tentang bagaimana seharusnya video disajikan.
Mungkin ini salah satu fenomena baru, DKI Jakarta mendapat sambutan yang begitu hangat di media sosial. Selama ini topik tren di Twitter biasanya berisi keluhan dan kritik pedas, terutama soal kemacetan di jalan raya. Perubahan wajah pemerintah Jakarta, mulai tampak dari kanal Youtube ini. Kita lihat saja konsistensinya di masa depan, karena mood di media sosial bisa saja berubah dengan cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar