Social Media adalah Channel baru dalam dunia marketing,
di era baru ini Social media sudah menjadi senjata membangun Brand oleh
Marketer untuk para Netizen khususnya di Indonesia. dengan jumlah pengakses
Internet sebanyak 50 juta hal ini menjadi lahan promosi yang sangat menarik.
Banyak Brand yang masuk ke ranah Social Media tetapi belum
secara maksimal memanfaatkan Channel ini, banyak terlihat brand yang masuk ke
ranah Social media sekedar pelengkap program marketing saja atau bahkan karena
coba-coba. mungkin hanya beberapa brand di Indonesia yang sudah sangat tepat
dalam melakukan campaign di ranah Social Media. mereka sangat fokus
membangun brand di social media dengan spend budget yang besar untuk meraih
konsumen di channel ini.
Maka ini adalah sebuah tantangan buat para brand
khususnya marketer. Social media yang dinamis dan horizontal membuat pola
marketing berubah. konsumen sudah dapat memilih brand yang baik untuk mereka.
Konsumen juga sudah dapat memberikan komentar terhadap brand secara spontan dan
dapat dilihat oleh khalayak. jadi hal yang sangat penting untuk Brand terjun ke
channel social media dengan selalu update pasar, kreatif dan lebih manusiawi.
dan point penting lagi dapat memenuhi keinginan konsumen dengan tepat.
Nah Tantangan sekarang adalah bagaimana meningkatkan
sales di Social Media. karena sifat Social Media adalah conversation
secara horisontal maka agak sedikit sulit untuk dapat terlihat langsung bahwa
program dan activation di ranah Social Media memberikan impact kepada sales
sebuah brand.
Berikut ini cara jitu yang akan saya jabarkan di beberapa
point antara lain sebagai berikut:
Social Media Meningkatkan Sales SECARA TIDAK
LANGSUNG
Social Media Meningkatkan sales secara tidak langsung
adalah sesuatu kegiatan sebuah brand di social media tetapi hanya meningkatkan
Brand awareness sebuah produk dan membangun percakapan positif tentang brand di
social media sehingga point-point diatas dapat meningkatkan penjualan yang
dilakukan di toko-toko atau showroom brand tersebut. adapun cara untuk
meningkatkan sales secara tidak langsung adalah sebagai berikut:
1. Membuat activation di social media yang bertujuan
untuk membangun brand awareness brand tersebut di social media. hal ini sudah
terbukti dengan adanya brand minuman yang setelah melakukan activation di
online sehingga penjualan produknya naik secara signifikan.
2. Menciptakan WOMM di social media yang bertujuan agar
brand kita diperbincangkan oleh konsumen, diharapkan dengan perbincangan yang
positif di social media maka diharapkan konsumen dapat melakukan pembelian
produk di toko karena impact dari WOMM adalah rekomendasi. karena beberapa data
menyebutkan bahwa yang mempengaruhi pembelian terbesar adalah “rekomendasi
teman” dan brand yang sukses dengan strategi ini adalah produk ice cream.
sehingga penjualan meningkat pesat dari target yang di tentukan.
3. Menciptakan informasi produk yang lengkap dan menarik
di social media. hal ini bertujuan dengan informasi lengkap dan menarik dapat
menarik konsumen membeli produk yang di pamerkan. karena informasi yang lengkap
dan menarik dapat menjadikan “Brand Switching” dengan terjadinya Brand
switching maka secara tidak langsung konsumen yang akan membeli produk pesaing
akan membeli produk kita karena merasa puas dengan informasi produk yang
lengkap dan menarik
Meningkatkan sales di Social Media SECARA LANGSUNG
Meningkatkan sales di social media secara langsung adalah
bagaimana kita membuat program di social media yang bertujuan meningkatkan
sales secara nyata. dan akan terlihat dapaknya langsung dari program yang kita
jalankan. adapun cara untuk meningkatkan sales secara langsung adalah sebagai
berikut:
1. Program Shocking Deal: Program ini adalah sebuah
program yang dilakukan di media online dengan membuat program discount kepada
konsumen di online tetapi dalam jangka pendek sehingga akan membuat penasaran
konsumen. Key Performace Indikatornya adalah demand konsumen untuk meng order
produk di program online ini. hal ini jelas akan meningkatkan sales secara
langsung.
2. Membuat Toko Online: Jelas aktifitas ini meningkatkan
Sales secara online karena konsumen dapat langsung melihat produk dan langsung
memesan produk yang diinginkan. Syarat brand untuk membuat toko online ini
harus dibangun dengan system yang detail dan mudah sehingga layanan kepada
konsumen akan tetap terjaga. karena apabila system yang belum kuat akan menjadi
bumerang terhadap brand itu sendiri.
3. Program Member Card online: ini adalah program yang
dibuat untuk meningkatkan sales secara langsung melalui layanan Member card,
konsumen yang membeli produk dengan menggunakan member card online dapat reward
yang lebih dibanding dengan konsumen yang membeli secara langsung di toko
retail. hal ini juga akan meningkatkan sales secara langsung. dalam program ini
yang harus diperhatikan adalah kemudahan dalam memberlakukan system ini kepada
konsumen.apabila program ini dapat berjalan baik makan program member card
online ini dapat dilakukan dalam jangka panjang.
Demikian beberapa cara jitu meningkatkan sales di Social
Media. hal ini akan berjalan dengan baik apabila di handle secara serius oleh
pihak yang berkepentingan sehingga masukan dari saya adalah siapkan team yang
benar-benar expert di bidang digital marketing sehingga program dapat berjalan
dengan maximal dan dapat memberikan impact sales yang positif.
@AgungpumA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar